Warga Antusias Ikuti Kegiatan Donor Darah Rutin di Desa Cibangkong

Warga Antusias Ikuti Kegiatan Donor Darah Rutin di Desa Cibangkong

CIBANGKONG.DESA.ID - Pemerintah Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas hari Selasa 18 Februari 2020 menggelar kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Banyumas. Acara rutin tiga bulanan ini merupakan yang pertama kali diadakan di tahun 2020.

Koordinator donor darah Desa Cibangkong, Sri Lestari mengharapkan adanya partisipasi dari warga agar lebih mengetahui kesehatannya. Ia juga bercerita pengalamannya, katanya setelah mengikuti donor darah, pernah mendapat telepon dari PMI dan memberitahu kalau ia mempunyai penyakit sehingga harus melakukan pengobatan rutin.

Dari situ ia menjadi tahu ternyata itu salah satu manfaat dari donor darah selain membantu orang lain yang sedang membutuhkan transfusi darah.

"Saya sangat mengharapkan partisipasi masyarakat. Agar tahu kesehatannya dan rasa kemanusiaa juga", kata Sri Lestari yang akrab dipanggil Ibu Nunung. Acara kegiatan donor darah yang berlangsung sekitar tiga jam ini diikuti oleh 33 orang warga yang antusias berdatangan ingin mendonorkan darahnya.

Salah satu pendonor, Yan Ari dari Polsek Pekuncen yang kebetulan sebagai Bambim Kambtibmas Desa Cibangkong mangatakan sangat mendukung adanya kegiatan donor darah. Menurutnya, kegiatan donor darah ini sangat bermanfaat untuk mereka yang sedang membutuhkannya.

"Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan positif. Bermanfaat sekali terutama bagi warga masyarakat sini. Jadi bisa menyumbangkan sedikit darah untuk orang yang membutuhkan" kata Yan Ari.

Yan Ari juga mengatakan, selain bagus untuk kesehatan, kegiatan donor darah di desa ini memudahkan warga, karena tidak perlu jauh-jauh untuk mendonorkan darahnya.

Sementara itu pendonor darah lainnya, Mami Fatmawati menceritakan kalau ia sudah terbiasa mendonorkan darahnya. Ia bercerita pengalamannya setelah mendonorkan darahnya, katanya badan terasa lebih sehat.

"Manfaatnya untuk membantu sesama yang membutuhkan. Terus bagi saya, badanya kaya jadi sehat," kata Mami Fatmawati. (Iis Turyanto)

Related Posts

Komentar