Bantuan Pakan Ikan Untuk POKDAKAN MINA HARAPAN

Bantuan Pakan Ikan Untuk POKDAKAN MINA HARAPAN

 

Rabu 05 oktober 2019

 

 

Desa cibangkong Kecamatan Pekuncen, Hasil tidak akan pernah menghianati perjuangan, setelah menunnggu 2 tahun Berjuang, akhirnya hari ini harapan kelompok untuk diperhatikan menjadi kenyataan sejumlah 2,5 Ton pakan ikan dalam bentuk bantuan dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau Jepara, Telah tersalurkan untuk kelompok budidaya ikan (POKDAKAN MINA HARAPAN), Satu dari dua kelompok yang ada di Desa Cibangkong. Yang nantinya bantuan tersebut bisa mengembangkan potensi dan kemajuan kelompok.

 

POKDAKAN MINA HARAPAN berdiri sejak tahun 2017 yang berlokasi di Grumbul Weringin Desa Cibangkong dan memiliki 11 anggota tetap, dengan pencetus / penggerak terbentuknya kelompok tersebut adalah DEDI DIARTO pemuda Desa Cibangkong yang memiliki cita-cita membangun Perekonomian Desa.

 

Awal pembentukan kelompok tersebut bukanlah hal yang mudah, Untuk menggali potensi anggota dan menyadarkan masyarakat untuk bisa usaha secara kelompok yang terstruktur dan sistematis baik secara administrasi dan pekerjaan. Perjuangan mendirikan kelompok tersebut awal mulanya beranggotakan sekitar kurang lebih 30 orang selama 2 bulan mensosialisasikan apa fungsi dan tujuan didirakannya kelompok dengan berkeliling secara door to door, dengan bermodal nekad dan semangat sampai hari ini yang tetap bertahan hanya 11 orang yang bertahan dan melakukan kumpulan rutin kelompok, Tak lupa penyuluh perikanan Ibu. Hj. Khotoh Syuraikhanah, S.pi dari Dinas Perikanan Kabupaten Banyumas yang selalu mensuport baik program dan bimbingannya untuk memberdayakan kelompok terjun langung dengan para pembudidaya.

 

Berkat usaha dan kegigihan kelompok sampai saat ini Aset yang sudah dimiliki Pokdakkan Mina Harapan berupa Payung Hukum Kelompok, Kolam Permanen, Bantuan Ikan Hias Koi, dan Bantuan Pakan Ikan dengan nominal pengajuan sebanyak 4 Ton, 2,5 Ton untuk kloter pertama dan sisanya yang akan dikirim di kloter ke dua.

 

Menurut Bpk. Iwan selaku BBPBAP dari PAKAN MANDIRI Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau Jepara, “sebenarnya ada satu lagi bantuan pakan ikan untuk POKDAKAN BERKAH LESTARI yang berlokasi di Grumbul Penjalin yang akan di droping pada awal Tahun 2020, dikarenakan kuota pada tahun 2019 sudah terpenuhi sehingga tidak bisa berbarengan dengan POKDAKAN Mina Harapan.”

 

Dengan bantuan pakan ini semoga Pokdakan yang ada di desa Cibangkong semakin maju dan harus sukses. serta kegigihan Pokdakan Mina Harapan memberi contoh kepada masyarakat desa Cibangkong khususnya dan bagi para pembaca untuk termotivasi, bukan orientasi kepada bantuan dan hasil tetapi terhadap komitmen dan perjuangan berusaha memajukan Desa Masing - Masing.

Related Posts

Komentar