GERBANG MOTIVASI "Festival Gapura Cinta Negeri"

GERBANG MOTIVASI "Festival Gapura Cinta Negeri"

Jum’at 20 September 2019

 

Termotivasi, Grumbul Gaplor Desa Cibangkong mendapatkan sebuah Apresiasi berupa sertifikat Peserta Festival Gapura dari ribuan peserta di seluruh indonesia, walaupun tidak masuk 15 Besar akan tetapi semua yang mengikuti Festival tersebut mendapatkan Apresiasi yang sama. Festival ini Selenggarakan Langsung Oleh Kementrian Sekretariat Negara, Kementrian Dalam Negeri Dan Badan Ekonomi Kreatif yang mengusung Tema “CINTA NEGERI”

 

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat beragam. Gapura yang dibangun adalah bentuk kreativitas masyarakat dalam menonjolkan kekhasan daerahnya masing-masing. Saya berharap, hal ini dapat meningkatkan semangat Bhineka Tunggal Ika dalam diri masyarakat Indonesia,” di kutip dari kominfo.go.id Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.Rabu (17/07/19)

 

 “Awalnya hanya coba - coba mengirimkan video dan foto pembuatan gapura di grumbul kami eh ada e-mail masuk dari panitia Festival Gapura Cinta Negeri, dan di dalam file tersebut ada sertifikat Peserta Festival Gapura Cinta Negeri, mungkin untuk tahun depan akan di persiapkan lebih baik lagi karena penilaian dari gapura tersebut antara lain relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep (nilai seni, estetika, dan kreativitas visual), kreativitas produksi, semangat gotong royong dan kebersamaan” begitu kata pemuda yang mendaftarkan karya gapura saat ditemui.

 

Sementara itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengungkapkan bahwa selain meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme, Festival Gapura Cinta Negeri merupakan perwujudan gotong royong masyarakat yang dapat mendorong peran aktif masyarakat dalam menyumbangkan ide kreatif. “Festival ini memicu masyarakat untuk berinovasi dalam mengembangkan kreasinya,” lanjut Triawan.

 

Dalam festival terserbut memang peserta yg masuk 15 Besar di undang langsung ke Istana Negara Bertemu langsung dengan Presiden, Dengan penyerahan 1 Piala Presiden Bergilir dan hadiah uang senilai Rp.250 juta rupiah untuk Gapura Terbaik Kategori Masyarakat Umum ,1 Piala dan Piagam untuk Gapura Favorit dan hadiah uang senilai Rp.100 juta, 3 Piala dan Piagam untuk Gapura kategori Lembaga/Instansi /Perusahaan/Organisasi dan hadiah uang senilai Rp.50 juta rupiah per pemenang, dan juga untuk 10 Kategori Gapura Umum juga mendapatkan piala dan piagam serta mendapatkan hadiah uang senilai Rp.50 juta rupiah per pemenang.

 

Semoga dengan adanya penghargaan yang di dapat masyarakat Desa Cibangkong grumbul Gaplor ini memotivasi masyarakat Desa Cibangkong lainya untuk bisa mengikuti Festival tersebut, bergotong royong menyumbangkan ide kreatif dalam membangun Gapura di Festival tahun depan.

 

 

source "https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/20039/festival-gapura-cinta-negeri/0/artikel_gpr"

Related Posts

Komentar